Minggu, 23 Januari 2022

Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah Sejak Usia Dini

Apa Akhlak itu? Akhlak memiliki arti budi pekerti, perangai, perbuatan, tingkah laku (tabiat). Sedangkan Karimah artinya mulia, terpuji, baik. Jadi, akhlakul karimah adalah budi pekerti atau perangai yang mulia/terpuji.

Pada zaman modern ini, Indonesia sedang berhadapan oleh kemerosotan moral, khususnya pada anak-anak. Berbagai kasus negatif, misalnya pembullyan sering kali terjadi di sekolah. Kasus tawuran, pemukulan, penganiayaan, dan lain sebagainya.

Hal tersebut menjadikan salah satu contoh yang mencerminkan moral anak semakin buruk. Yang mana bisa dikatakan jika saat ini pendidikan akhlak di sekolah sudah kurang mendapat perhatian oleh para siswa.

Pendidikan Akhlakul Karimah Sejak Usia Dini

Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah Sejak Usia Dini

Sungguh memprihatinkan jika kita melihat banyak anak kecil sampai remaja yang berani melawan orang tuanya. Mereka berperilaku kurang sopan terhadap orang yang lebih tua, dan berpakaian yang membuka aurat, serta tindakan-tindakan buruk yang kurang berakhlak lainnya.

Perilaku-perilaku tersebutlah yang bisa merusak mental manusia, jika tidak segera di atasi sedini mungkin. Oleh sebab itu, bagi umat muslim yang bertaqwa terhadap Allah SWT, hendaknya turut menamankan akhlakul karimah pada anak-anak sedini mungkin, terutama pada anak kita sendiri.

Pendidikan bukan hanya sekadar memberikan materi yang bisa menambah pengetahuannya, namun juga mampu membentuk karakter yang baik pada anak-anak.

Lembaga pendidikan bukan hanya satu-satunya tempat untuk mendapatkan pendidikan. Karena hakikatnya para orang tualah yang memiliki tanggungjawab utama untuk memberikan pendidikan kepada anaknya. Lebih-lebih masalah pendidikan akhlak kepada anaknya.

Aapun Pendidikan berbasis Akhlakul karimah seharusnya diajarkan sejak usia dini. Hal tersebut untuk memperbaiki moral anak menjadi lebih baik ke depannya. Karena Akhlakul karimah merupakan suatu kebiasaan terpuji yang bermanfaat buat orang dan juga diri sendiri.

Silahkan baca juga:  9 Karakteristik (Akhlak) yang Bisa Menjadikan Seseorang Sempurna

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita jadikan panutan untuk mendidik anak-anak kita agar terbiasa dalam menanamkan akhlakul karimah.

1. Akhlakul karimah ditanamkan sejak dini dalam beraktivitas

Tujuan pendidikan salah satunnya adalah untuk mencerdaskan anak bangsa, sehingga mereka bisa meraih cita-cita yang mereka inginkan kelak.

Sebagai orang tua, kita harus mendukung dan kita tidak bisa melarang anak untuk meraih cita-citanya, seperti menjadi polisi, guru, dokter, pilot, dan yang lainnya.

Akan tetapi, sebagai orang tua tetap harus mengajarkan anak dengan pendidikan akhlak, sehingga selain mereka pintar, anak juga akan memiliki karakter yang baik kepada orang lain.

Pendidikan akhlakul karimah bertujuan untuk membentuk kepribadian positif pada anak-anak sejak usia dini dengan berpedoman kepada al-Qur’an dan Hadis dalam bergaul sehari-hari.

Tanamkanlah sifat-sifat terpuji kepada anak sejak dini, misalnya sifat jujur, adil, rendah hati, bijaksana, dermawan, dan yang lainnya.

Apabila sejak usia dini anak sudah memiliki moral yang baik dan berakhlakul karimah, maka dia tidak akan berbuat buruk kepada orang tuanya. Dia pun akan tau bagaimana bersikap baik kepada orang lain, khususnya orang yang lebih tua darinya.

Dengan akhlak yang baik, seseorang juga bisa memiliki sikap saling menyayangi dan menghargai antar sesama manusia.

2. Akhlakul karimah sebagai keyakinan

Pendidikan akhlakul karimah juga harus di jadikan sebagai keyakinan dalam diri setiap anak. Dengan adanya keyakinan, maka akhlakul karimah tidak akan termakan oleh zaman. Dan dia akan tetap bertahan sampai kapan pun dan di mana pun.

Saat keyakinan berakhlakul karimah sudah tertanm pada diri seseorang, maka setiap orang akan senantiasa menjalankan aktivitasnya berdasarkan pada ajaran al-Qur’an dan Hadis. Tentunya, jika semakin banyak orang memiliki akhlak yang baik, berbagai tindak kejahatan tidak akan terjadi lagi atau paling tidak bisa berkurang.

Silahkan baca juga:  6 Penerapan Sifat Syaja'ah Dalam Kehidupan

3. Akhlak karimah diajarkan melalui ibadah

Pendidikan akhluk karimah bisa diajarkan kepada anak sejak usia dini dengan melalui pelaksanaan ibadah tepat waktu. Ajarkan anak untuk senantiasa melaksanakan shalat lima waktu, dan berilah contoh tuntunan shalat yang baik dan benar kepada anak.

4. Akhlak karimah bersifat komprehensif

Akhlakul karimah merupakan salah satu pendidikan yang bersifat komprehensif. Artinya berakhlakul karimah kepada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja tidak memandang orang, tempat, dan waktu.

Wajib menerapkan akhlak sejak dini pada anak untuk melatih bersosialisasi kepada orang lain dan lingkungan. Dengan demikian, mereka akan memiliki pribadi yang baik dan di senangi banyak orang karena memiliki perilaku yang baik.

5. Akhlak karimah harus selalu terjaga

Pendidikan berbasis akhlakul karimah bukan semata-mata hanya untuk di ajarkan. Akan tetapi harus selalu terjaga, sehingga kita senantiasa berhati-hati dalam berbicara dan bertindak.

Apalagi di zaman sekarang ini, jika diri sendiri tidak di bentengi dengan akhlak yang baik, maka akan terjerumus ke dalam hal-hal buruk yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Itulah penjelasan mengenai pendidikan berbasis akhlakul karimah yang bisa Mang Ocoy sampaikan, pastinya sangat penting di terapkan sejak usia dini kepada anak-anak. Sehingga moral mereka tidak akan menjadi buruk di masa depan kelak.

Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Check Also

Seorang Guru Harus Bisa Memberi Contoh dan Menjadi Contoh

Seorang Guru Harus Bisa Memberi Contoh dan Menjadi Contoh

Vadcoy.com – Pada kali ini, Mang Ocoy akan membagikan suatu cerita seorang guru yang selalu memberi …

6 Penerapan Sifat Syaja’ah Dalam Kehidupan

Vadcoy.com – Sifat syaja’ah adalah sifat berani yang dimiliki oleh seseorang dalam mempertahankan kebenaran. Walaupun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *