Kamis, 20 Januari 2022

6 Jenis Bidang Ilmu Akuntansi

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membagikan materi pelajaran tentang “6 Jenis Bidang Ilmu Akuntansi” pada Mapel Akuntansi. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini!

Jenis-jenis Bidang Ilmu Akuntansi

6 Jenis Bidang Ilmu Akuntansi

Berikut ini adalah beberapa jenis bidang ilmu akuntansi.

1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang menyangkut tentang pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara berkala sebagai suatu sumber informasi yang bermanfaat untuk manajemen, pemilik perusahaan maupun kreditor.

Hampir semua bisnis dalam sebuah perusahaan umumnya menerapkan akuntansi keuangan sebagai bentuk dalam pelaporan dana perusahaan.

2. Akuntansi Budgeter

Akuntansi budgeter adalah akuntansi yang digunakan untuk membuat anggaran perusahaan mengenai rencana penggunaan uang dalam periode tertentu.

3. Akuntansi Perpajakan

Akuntansi perpajakan adalah bidang akuntansi yang menyangkut tentang pelaporan pajak dari keuangan suatu perusahaan. Akuntansi jenis ini sangat penting untuk pertimbangan terkait dengan konsekuensi dari transaksi perusahaan.

4. Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya adalah akuntansi yang digunakan untuk mengendalikan anggaran atau budget perusahaan. Gunanya yaitu untuk menekan kegunaan dana perusahaan walaupun telah dianggarkan.

5. Akuntansi Auditing (Pemeriksaan Akuntansi)

Bidang akuntansi auditing adalah bidang akuntansi yang menyangkut dalam hal pemeriksaan terhadap laporan keuangan untuk mengetahui kebenaran atau kejujuran dari laporan tersebut.

Biasanya dalam bisnis yang sedang berkembang belum menerapkan bidang akuntansi ini. Auditing sangatlah penting untuk mengetahui tindakan korupsi dalam sebuah perusahaan.

6. Akuntansi Organisasi Nirlaba

Akuntansi organisasi nirlaba adalah akuntansi yang digunakan untuk merencanakan anggaran bukan untuk memperoleh keuntungan. Sebagai contoh akuntansi organisasi nirlaba yaitu dana CSR sebuah perusahaan, ini termasuk hasil dari akuntansi organisasi nirlaba.

Beberapa kegiatan dalam proses Akuntansi

  • Melakukan identifikasi data yang relevan dengan data keuangan.
  • Memproses data keuangan menjadi sebuah informasi keuangan melalui proses klasifikasi/ penggolongan dan peringkasan serta pelaporan.
  • Menganalisis informasi keuangan yang akan dipakai dalam pengambilan keputusan bagi penggunanya.
Silahkan baca juga:  Manfaat Teknologi Berbasis Komputer pada Proses Pembelajaran

Dengan adanya kegiatan seperti itu maka bisa dihasilkan sebuah laporan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan.

Itulah materi tentang “6 Jenis Bidang Ilmu Akuntansi” pada Mapel Akuntansi yang bisa Mang Ocoy bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Check Also

Definisi, Manfaat, dan Fungsi Laporan Kegiatan Usaha

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membagikan materi pelajaran tentang “Definisi, Manfaat, …

Tujuan Promosi, Manfaat, dan Sasaran Promosi Suatu Produk

Tujuan Promosi, Manfaat, dan Sasaran Promosi Suatu Produk

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membagikan materi pelajaran tentang “Tujuan Promosi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *