Selasa, 25 Januari 2022

14 Karakteristik dan Ciri-Ciri Anak Berbakat

Anak Berbakat

VADCOY – Anak berbakat adalah anak yang diberikan suatu keunggulan tertentu. Tentunya, anak berbakat memiliki karakteristik dan ciri-ciri tertentu. Ada 14 karakteristik dan ciri anak berbakat yang akan dijelaskan.

Berikut ini adalah karakteristik dan ciri-ciri anak berbakat:

1. Menunjukkan daya nalar yang luar biasa dan kemampuan yang tinggi untuk menangani ide-ide,  dapat menggenalisasikan dengan mudah fakta-fakta spesifik, dan bisa melihat hubungan-hubungan yang tersirat, serta memiliki kemampuan yang menonjol dalam memecahkan masalah.

2. Menunjukkan rasa ingin tahu intelektual yang gigih, mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang meneliti, serta menunjukkan minat yang luar biasa terhadap hakikat manusia dan jagat raya.

3. Mempunyai banyak minat, sering berupa minat intelektual, mengembangkan satu atau lebih dari minat-minat itu secara mendalam.

4. Kualitas dan kuantitas kosa katanya sangatlah baik, apakah itu lisannya maupun tulisannya, berminat menelaah makna kata-kata dan penggunaannya.

5. Kerajinan membaca dan mampu menyerap isi buku bagi orang dengan  usia yang sangat jauh diatasnya.

6. Belajar dengan cepat dan mudah, serta mempertahankan sesuatu yang sudah dipelajarinya, mampu mengingat berbagai rincian, konsep, dan prinsip yang penting, serta mudah paham.

7. Menunjukkan pemahaman tentang soal-soal aritmatik yang membutuhkan penalaran yang seksama, dan mudah menangkap konsep-konsep matematika.

8. Menunjukkan kemampuan yang kreatif atau ungkapan yang imajinatif dalam bidang musik, seni rupa, tari, drama; menunjukkan kepekaan dan kehalusan dalam ritme, gerakan, dan pengendalian tubuh.

9. Dapat menahan konsentrasi untuk waktu yang lama, serta menunjukkan tanggung jawab dan kemandirian yang tinggi dalam pengerjaan tugas-tugas sekolah.

10. Menetapkan tujuan yang tinggi, tetapi realistis untuk diri sendiri serta kritis diri dalam mengevaluasi dan mengoreksi pekerjaan sendiri.

11. Menunjukkan inisiatif dan orinalitas dalam karya intelektual, serta menunjukkan fleksibilitas dalam berpikir dan mempertimbangkan permasalahan dari berbagai sudut pandang.

12. Tajam salam pengamatan dan responsif terhadap gagasan-gagasan baru.

13. Menunjukkan keseimbangan sosial dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang dewasa secara matang.

14. Mendapatkan kegairahan dan kesenangan dalam menghadapi intelektual; menunjukkan rasa rumor yang halus.

Itulah 14 karakteristik dan ciri-ciri anak berbakat, semoga bisa bermanfaat!

Wallahu A’lam Bishawab
Silahkan baca juga:  Nilai-Nilai yang Terkandung pada Sila Pertama dalam UUD 1945

Check Also

11 Alasan Sistem Pendidikan Finlandia Paling Bagus di Dunia

11 Alasan Sistem Pendidikan Finlandia Paling Bagus di Dunia

Vadcoy.com – Seperti yang sudah kita ketahui, sistem pendidikan Negara Finlandia adalah menjadi yang terbaik …

15 Tips Mendidik Anak Usia Dini agar Jadi Cerdas

Vadcoy.com – Para orang tua harus memperhatikan Pendidikan Anak Usia Dini dengan serius. Pasalnya, mendidik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *